Tanaman Obat Daun Dewa

Tanaman obat daun dewa termasuk tanaman semak tahunan dan memiliki beberapa nama daerah. Di Jawa Tengah, disebut Sambung Nyawa. Orang Cina menyebutnya dengan nama san qi cao. Mengingat orang-orang Cina pada akrab dengan nama daun dewa, maka tanaman ini juga diberi nama beluntas Cina. Beluntas adalah tanaman yang sekerabat dengan daun dewa. Daun dewa tampilannya mempunyai keunikan tersendiri. Daunnya berwarna hijau tua dengan garis ungu ditepinya. Warna daun bagian atas lebih tua daripada bawah, sementara kedua permukaan daun memiliki bulu-bulu halus. Bentuk daun bulat memanjang dengan tepi berlekuk, bertangkai daun sangat pendek. Batangnya berambut halus, lunak, dan berwarna ungu kehijau-hijauan. Tinggi batangnya hanya 10-25 cm. Bunganya muncul di ujung batang. Sebelum mekar, bunganya mirip kancing, dan berbentuk seperti kumpulan benang sari berwarna kuning cerah. Setelah mekar mahkota bunga berwarna kuning dengan ujung merah kecokelatan. Dari bunga biasanya langsung rontok, tidak sempat menjadi buah. Kalaupun berbuah, bentuknya lonjong dengan diameter 4-5 cm. Akarnya yang membentuk umbi memiliki panjang sekitar 5-8 cm. Ukuran penampang antara 3-5 cm. Kulit umbi berwarna keabu-abuan, sedangkan daging umbinya tampak bening sampai keruh.

Secara empiris tanaman obat daun dewa ini dikenal sebagai obat bisul. Namun penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa daun dewa banyak memiliki khasiat diantaranya sebagai antikoagulan (anti pembeku darah), memperlancar peredaran darah dan mengurangi pembengkakan, Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun dan umbi.

Penggunaan secara tradisional tanaman ini yaitu dengan cara dilalap dan dibalurkan (daun) di bagian yang sakit, dan rebusan (daun dan umbi). Namun seiring kemajuan jaman, orang lebih suka menggunakan sediaan tanaman ini dalam bentuk yang lebih praktis yaitu kapsul maupun tablet.

 

  • Kanker
    Daun dewa segar 4 g; Akar daruju 7 g;Herba benalu 3 g; air 120 ml, Ditumbuk; ditambah air mendidih; disaring,Diminum 1 hari sekali 100 ml; selama 30 hari.
  •  Tekanan darah tinggi / Hipertensi
    Daun dewa segar 3-7 helai; buahmengkudu muda 1 buah; Air 110 ml, Diseduh, Diminum 1-2 kali sehari 100 ml;selama 1 bulan.

Budidaya tanaman obat daun dewa, dilakukan untuk tujuan melestarikan lingkungan hidup dan memenuhi bahan baku obat tradisional. Dalam budi daya tanaman obat, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Setiap tahap mempunyai ciri tersendiri dan memerlukan perhatian khusus. Masalah penanganan pasca panen juga ikut berperan dalam menentukan mutu atau kualitas bahan yang dihasilkan.


=====================================

>>> Daun Dewa Membantu Mengatasi Kanker dan Tumor, Membantu Mengatasi TBC dan Radang Tenggorokan, Menurunkan Kolesterol, dan Mengatasi Kista, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Manfaat Daun Dewa and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>