Daun Dewa

Daun dewa merupakan tanaman terna tahunan berbatang tegak. Tingginya hanya sekitar 10 cm jika tidak berbunga. Jika berbunga panjang tangkainya mencapai sekitar 50 cm. Daunnya adalkah daun tunggak dengan tepi bercagap dan hampir menjari dengan 1-16 lekukan. Tangkai daun sangat pendek. Daun agak lemas, seperti daun tempuyung. Warna permukaan atas daun lebih tua dari bagian bawahnya. Kedua peermukaan daun berambut lembut. Bunganya muncul diujung batang Satu tangkai dapat terdiri dari beberapa bunga. Sebelum mekar, bunga berbentuk kancing. Setelah mekar, bentuk bunga seperti kumpulan benang sari berwarna kuning cerah yang membulat. Umbi daun dewa berwarna keabu-abuan. Panjang umbi sekitar 3-6 cm denga penampang sekitar 3 cm. Aslinya tanaman daun dewa tumbuh liar di kebun, tepi parit, atau tempat yang terbengkalai.

Tanaman daun dewa mengandung alokaloid, tannin, polifenol, asam fenolat, asam kolorogenat, asam kafeat, asam vanilat, saponin dan flavonoid. Penggunaan daun dewa untuk pengobatan, diantaranya sebagia berikut :

  1. Digigit ular, serangga, atau binatang lain yang berbahaya
    Siapkan umbi daun dewa. Lumatkan umbi, lalu tempelkan ditempat yang terkena gigitan.
  2. Obat kutil
    Petiklah 5 lembar daun dewa. Tumbuk daun hingga halus. Lumurkan daun yang telah halus pada tempat yang berkutil lalu balutlah hingga melekat erat. Biarkan ramuan seharian dan dilepas keesokan harinya.
  3. Luka akibat terpukul atau karena berkelahi
    Petiklah batang daun dewa  sekitar 15-30 g. Rebus atau tumbuk batang tanaman tersebut, lalu ambil airnya dengan cara diperas. Selanjutnya air hasil perasan dicampur dengan sedikit air. Campurkan ramuan dengan sedikit arak yang sudah dipanaskan. Selanjutnya, minum ramuan.
  4. Penyakit lain
    Sebatang tanaman daun dewa yang direbus dan diminum airnya dipevaya mampu menyembuhkan banyak penyakit sekaligus, misalnya pendarahan pada wanita payudara bengak, batuk dan muntah darah.

Beberapa penyakit jantung mencoba jalur pengobatan tradisional. Dalam pengobatan inik beberapa jenis pohon berkhasiar obat digunakan. Salah satunya adalah mahkota dewa. Untuk mengobati penyakit jantung yang tidak terlalu parah dan untuk mencegah penyakit ini, ramuan yang bisa dipakai adalah mahkota dewa mumi instan dan kapsul daun dewa dengan umbinya. Sehari cukup meminum satu sendok makan mahkota dewa instan yang dicampur dengan satu gelas air hangat. Diminum menjelang tidur malam. Jika tersedia kapsul daun dewa, minumlah sehari tiga kapsul ukuran 500 ml. Jika senang lalapan, gunakan daun dewa segar sebagai lalapan untuk makan sehari-hari.


=====================================

>>> Daun Dewa Membantu Mengatasi Kanker dan Tumor, Membantu Mengatasi TBC dan Radang Tenggorokan, Menurunkan Kolesterol, dan Mengatasi Kista, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Manfaat Daun Dewa and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>